Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis dari Kayu Terbaik

Anda dapat memilih menggunakan pintu rumah minimalis dari kayu untuk mempercantik tampilan tempat tinggal Anda.

Hingga kini masih banyak masyarakat luas yang menggunakan pintu dengan bahan dasar kayu ini. Hal ini karena pintu tersebut dapat bertahan lama.

Namun sebelum Anda membelinya, Anda harus mengetahui tips memilih pintu kayu dalam artikel ini.

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis dari Kayu

Kami akan memberikan tips dalam memilih pintu rumah yang terbuat dari kayu. Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

1. Perhatikan Jenis Kayu

Sebelum membeli pintu rumah, Anda harus memperhatikan jenis kayu yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Pastikan kayu tersebut memiliki kualitas terbaik.

Biasanya jenis kayu yang berkualitas tinggi adalah kayu jati, merbabu, gaharu, dan besi. Jenis kayu tersebut dapat bertahan hingga turun temurun. Untuk jenis kayu jati, biasa digunakan sebagai pintu rumah di daerah Bali.

2. Perhatikan Tekstur Kayu

Jenis kayu yang memiliki kualitas tinggi, dapat terlihat dari teksturnya. Tekstur kayu yang berkualitas tinggi memiliki warna merah kecoklatan dan bersifat keras.

Untuk kayu yang berkualitas, bila dibasahi akan mengeluarkan warna merah. Jangan sampai Anda salah memilih kayu sebagai bahan dasar pintu. Hal ini akan membuat pintu Anda akan cepat rusak dan keropos.

3. Hindari Tekstur Kayu Belang

Perlu Anda ingat bahwa dalam memilih kayu, hindari tekstur kayu yang bercorak belang. Maksud dari tekstur belang adalah terdapat bercak putih di pinggiran kayu tersebut.

Bila Anda menjumpai kayu dengan tekstur seperti itu, jangan pernah Anda pilih. Hal ini karena kayu tersebut akan menjadi sasaran bagi rayap untuk bercokol. Dengan begitu kayu akan mudah keropos.

4. Sesuaikan dengan Ukuran Pintu

Tips selanjutnya yang paling penting adalah sesuaikan dengan ukuran pintu. Pastikan Anda mengukur dengan benar dan tepat.

Bila ada sedikit keraguan, Anda dapat meminta bantuan kerabat Anda sendiri agar ukurannya tepat. Hindari ukuran pintu yang kelebihan atau kekurangan, hal ini akan membuat pintu tidak dapat digunakan dengan baik.

5. Pilih Model Pintu

Bila Anda telah menemukan model pintu, selanjutnya pilih model pintu yang cocok untuk rumah Anda. Usahakan pilih model yang cocok dengan interior rumah Anda.

Bila interior rumah Anda mengusung tema minimalis, berarti model pintu yang cocok adalah polos atau minim adanya ornamen yang rumit. Sehingga model pintu Anda dapat senada dengan interior rumah Anda.

6. Pilih Warna Pintu

Setelah model pintu telah dipilih, selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih warnanya. Sama dengan memilih model pintu, usahakan pilih warna yang senada dengan interior rumah.

Bila warna cat tembok Anda cerah, maka warna pintu yang cocok adalah warna gelap seperti hitam, hijau daun, biru dongker, dan lainnya. Pastikan warna cat tembok dan pintu harus kontras.

7. Perhatikan Anggaran Anda

Sebelum Anda memilih untuk membeli pintu rumah dengan bahan kayu terbaik, pastikan anggaran Anda tidak terganggu.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam menggunakan pintu dengan bahan kayu, tergolong cukup mahal.

Hal ini karena kualitas dari kayu ini sangatlah bagus dan anti keropos hingga puluhan tahun lamanya. Sehingga Anda harus pandai mengatur keuangan.

Tips memilih pintu rumah minimalis dari kayu terbaik dapat Anda terapkan. Hal ini bertujuan agar Anda mendapat pintu rumah berkualitas tinggi.

Sehingga dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Bahkan bisa sampai digunakan oleh keturunan kita. Oleh sebab itu, Anda harus menerapkan tips dalam artikel ini dengan sebaik mungkin.

Semoga bermanfaat.

0 Shares

Leave a Comment