14 Gaya Kolam Ikan Minimalis Lahan Sempit

Tidak sedikit orang yang merasa terhibur ketika mendengar gemericik air di dalam kolam. Serta aneka ikan warna-warni yang lalu-lalang melintasi setiap sudut kolam.

Bahkan, sekadar memandangnya saja sudah membuat hati kian tenteram. Terlebih jika kolam ikan didesain secara apik dan ditata dengan konsep yang menarik.

Namun, permasalahan saat ini berupa lahan yang sempit tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, perlu adanya konsep yang membuat area rumah tetap terlihat lega dan tidak sumpek.

Kolam ikan minimalis lahan sempit bisa menjadi pilihan yang sesuai jika Kamu tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Cobalah untuk memanfaatkan kolam ikan sebagai jembatan antara ruang interior dan eksterior sehingga orang yang masuk ke dalam rumah tersuguh keindahan kolam dan aneka ikan yang Kamu punya.

Nah, selain itu, masih ada banyak inspirasi kolam ikan minimalis lahan sempit yang bisa Kamu aplikasikan di rumah. Berikut rangkumannya untuk Anda.

1. Tema Kontemporer

Area depan rumah adalah tempat yang paling ideal bagi habitat ikan-ikan nan cantik. Kamu bisa menerapkan tema kontemporer untuk ikan koi ataupun ikan mas. Buatlah desain kolam yang membentuk setengah dari tanda plus yang menjorok ke dinding.

Kamu bisa menambahkan tanaman hijau atau bunga-bunga nan cantik di sekitarnya. Kolam ikan minimalis lahan sempit ini akan mempermanis area rumah dari luar.

2. Konsep Minimalis Natural

Pada kolam ikan minimalis lahan sempit yang satu ini, paling pas jika Kamu memberikan ornament-ornament alami semisal batu alam, bunga teratai, dan juga tanaman hijau di sekitarnya.

Jangan lupa untuk menambahkan kursi malas yang bisa Kamu gunakan untuk memandang ikan yang menggemaskan di dalam kolam bersama dengan keluarga.

Dijamin keunikan dari kolam ikanmu akan menambah quality time antar anggota keluarga.

3. Kolam Ikan Dengan Jembatan Kayu

Inspirasi ini akan membuat seseorang yang berkunjung ke rumahmu akan merasa sangat senang. Pasalnya begitu masuk dari gerbang rumah, akan langsung disambut oleh kolam dengan ikan-ikan berukuran besar yang tengah berlalu-lalang dengan bebas.

Nah, di atas kolam, ada jembatan yang menghubungkan langsung pintu gerbang ke pintu masuk rumahmu. Tentunya akan menimbulkan sensasi tersendiri bagi tamu yang masuk.

4. Kolam Ikan Mini

Kolam ikan minimalis lahan sempit yang satu ini adalah sebuah kolam mungil yang mirip dengan aquarium. Pada tepi dinding, buatlah sebuah tempat kecil yang permanen.

Namun, pada bagian luarnya, Kamu ganti menggunakan kaca bening. Jadi, setiap orang yang lewat bisa melihat langsung ikan-ikan nan menggemaskan di dalam kolam minimu.

Berilah hiasan-hiasan berupa batu alam, air mancur di tengah kolam, serta bunga teratai untuk mempercantik tampilan kolam.

Nah, dengan terpaan sinar matahari langsung bisa membuat kolam semakin menarik dan ceria.

5. Kolam Ikan Dengan Air Mancur Bertingkat

Kalau Kamu bosan dengan tampilan air mancur di tengah kolam. Cobalah inspirasi ini, buatlah air mancur tiga tingkat sebelum akhirnya gemericik air menyentuh kolam.

Nah, untuk kolamnya sendiri, sebaiknya gunakan batu alam sebagai bahan dasarnya. Konsep ini bisa menghasilkan nuansa alam yang sangat menyegarkan.

6. Kolam Ikan Tengah Rumah

Rumah yang sempit dan terbatas tetap bisa diberi kolam kok! Caranya dengan menaruh kolam ikan di dalam rumah. Model ini memang masih jarang digunakan, tapi bisa Kamu jadikan inspirasi.

Untuk mengantisipasi lantai sekitar supaya tidak basah terkena air yang terciprat, Silahkan gunakan penutup kolam dari kaca.

Di dalam kolam, bisa Kamu masukkan bebatuan alam agar tercipta kecantikan tersendiri. Tambahkan juga lampu berwarna kuning agar kolam tampak bercahaya di malam hari.

7. Kolam Ikan dengan Gazebo

Untuk konsep kolam ikan minimalis lahan sempit yang satu ini bisa Kamu taruh di belakang rumah. Di tepi kolam, bisa Kamu tambahkan gazebo sebagai tempat untuk menyaksikan ikan yang berkejaran dalam air.

Konsep ini sangat cocok untuk Kamu yang senang menikmati waktu santai bersama dengan keluarga. Jadi, misalnya saat hujan sekalipun, Kamu akan tetap bisa memandang cantiknya ikan di dalam kolam kesayanganmu.

8. Kolam Ikan Bertembok

Manfaatkan tembok rumahmu untuk sandaran bagi air mancur yang mengaliri kolam. Buatlah beberapa tingkat dengan desain minimalis.

Tutupilah seluruh bagian kolam dengan batu alam yang senada dengan temboknya. Letakkan juga aneka tumbuhan hijau untuk menghasilkan nuansa asri di kolam mini.

9. Kolam Ikan Minimalis Lahan Sempit Dengan Sentuhan Driftwood

Kayu-kayu tua nan besar yang terletak di tepi kolam akan membuat kolam terlihat natural. driftwood ini bisa Kamu manfaatkan untuk aliran air menuju ke kolam.

Tambahkan juga bebatuan dengan ukuran yang sedang di sekitar kayu agar tampilan semakin alami.

Duduk-duduk di tepi kolam sudah pasti akan membuatmu menjadi semakin ceria. Berbagai masalah pekerjaan akan hilang dan Kamu akan semakin rileks.

10. Kombinasi Kolam Ikan Minimalis Ganda

Memiliki dua kolam dalam satu rumah? Kenapa tidak? Kamu bisa memadukan antara konsep kontemporer dengan minimalis di depan area rumah.

Kombinasikan berbagai bentuk agar tidak terlihat monoton. Oh ya, kedalamannya pun bisa Kamu atur sesuai dengan keinginan. Berik sentuhan tanaman agar kolam terlihat lebih segar.

11. Batuan Alam Membuat Kolam Ikan Semakin Cantik

Mengelilingi kolam dengan bebatuan alam membuatnya tampak alami. Selain itu, bisa memudahkan pengunjung berjalan-jalan atau duduk di sekitar kolam.

Tidak ada salahnya menambah kenyamanan dengan ruang kecil berbentuk gazebo di tepi kolam. Pastinya berkumpul dengan keluarga akan terasa lebih menyenangkan.

12. Kolam Dengan Jembatan Kayu

Kolam ikan yang minimalis bisa bermanfaat sebagai zona zen ataupun zona relaksasi bagi pemiliknya. Tambahan berupa jembatan yang terbuat dari kayu pada kolam akan menambah nilai estetika.

Nah, pada ujung jembatan kayu, buatlah ruangan khusus untuk santai. bisa juga dengan menambahkan furniture berupa kursi dan sofa bed. Tutupi dengan kanopi supaya terlindung dari hujan dan terik matahari.

13. Kolam Ikan Minimalis Dengan Hammock

Di sekitar kolam minimalismu, tambahkan hammock di dalam gazebo. Ini adalah ide yang sangat kreatif. Sebab, furniture tersebut akan membuatmu lebih mudah bersantai sambil melihat indahnya kolam.

Bahkan, Kamu juga bisa tiduran sambil membaca buku di tempat ini.

14. Kolam Sekaligus Teras

Ingin memiliki teras yang cantik? Cobalah menjadikan kolam ikan di sekitar halaman rumah. bagilah area kolam menjadi dua bagian.

Lengkapilah area kolam dengan air mancur dan bunga teratai untuk menimbulkan nuansa alam yang kental. Tambahan berupa furniture sebaiknya dengan warna-warna yang kontras dengan nuansa alam.

Kolam ikan ini memiliki kesan yang lebih privat sehingga pas untuk ngobrol berdua dengan pasangan. Ataupun menghabiskan waktu untuk menyaksikan ikan yang menggemaskan.

Mana yang jadi favoritmu? Apakah kolam dengan bebatuan alam, bunga teratai, atau bahkan kolam di dalam rumah?

Meskipun dengan desain yang minimalis, tetapi bisa membuat suasana rumah menjadi semakin ceria. Tanpa memerlukan lahan yang luas, Kamu tetap bisa membuat kolam ikan super cantik ini ya!

0 Shares

Leave a Comment