13 Inspirasi Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit yang Indah dan Sedap Dipandang

Ketika Kamu melihat rumah yang memiliki taman, kesan apa yang pertama kali terlintas? Ya, tentunya adanya taman ini akan membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik dan tampak asri.

Apalagi jika taman ini menawarkan sebuah taman yang rapi dengan unsur kehijau-hijauan yang menyegarkan mata.

Wah, siapa saja pasti akan senang saat melihatnya. Namun, kebanyakan orang tidak menggunakan taman di rumah karena alasan tidak ada lahan.

Padahal dengan menggunakan lahan yang sempit saja Kamu bisa miliki taman yang indah.

Benarkah demikian? Tentu saja benar. Lantas, bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, Kamu hanya memerlukan desain taman minimalis di lahan sempit agar taman yang Kamu buat tetap terlihat indah dan menghiasi rumah tanpa membuatnya penuh.

Nah, bagi Kamu yang ingin memiliki taman namun lahan terbatas, ikuti tips membuat taman dengan desain minimalis di bawah ini.

1. Lebih Menonjolkan Daerah Hijau

Dengan lahan yang sempit, Kamu bisa menerapkan area hijau di halaman rumah. namun dalam penerapan lahan hijau ini Kamu juga harus memberikan pembatas antara lahan hijau dengan setapak.

Agar tampilan lahan hijau ini lebih menonjol, Kamu bisa gunakan tanaman dalam pot yang memiliki ketinggian lebih tinggi dari permukaan setapak.

Dengan demikian, taman akan tetap terlihat meskipun di area yang sempit tanpa membuatnya penuh.

2. Membuat Miniatur Taman

Karena lahan yang Kamu miliki sangatlah sempit, oleh sebab itu miniatur taman bisa dijadikan desain taman minimalis di lahan yang sempit paling tepat.

Di sini, Kamu bisa menanam beberapa jenis tanaman dalam satu pot.

Namun, jika Kamu ingin menggunakan desain taman ini, pastikan Kamu memberikan perawatan khusus pada setiap tanaman yang sudah ditanam. Dengan demikian, taman ini akan tetap terjaga dan tampil indah.

3. Taman Rambat

Taman rambat sangat cocok digunakan pada desain taman minimalis di lahan yang sempit. Mengapa? Sebab tanah ini tidak membutuhkan banyak lahan agar tumbuhan bisa tumbuh dan berkembang.

Jika Kamu ingin menggunakan desain taman ini, maka yang harus dilakukan adalah siap menjaga dan perawatannya dengan sungguh-sungguh.

Pasalnya, taman rambat merupakan salah satu jenis taman yang membutuhkan perawatan khusus dibandingkan dengan taman lainnya.

Jika taman ini tidak dirawat dengan benar, yang ada hanya akan membuat rumah terlihat kotor dan tidak beraturan.

4. Taman Kombinasi

Yang dimaksud dengan taman kombinasi adalah sebuah taman yang mengkombinasikan beberapa elemen. Elemen ini berisi kayu, batu, tanah dan juga tanaman.

Jika Kamu ingin menggunakan taman ini, maka yang harus dilakukan adalah dengan memutuskan peletakkan dari setiap elemen.

Jika Kamu teat dalam meletakkan semua elemen ini, maka taman kecil dan minimalis ini akan terlihat sangat indah dan mempesona.

5. Taman Kecil di Depan Pintu

Teras depan yang Kamu miliki juga bisa dimanfaatkan sebagai taman jika Kamu sudah tidak memiliki lahan yang luas.

Letaknya yang berada di dekat pintu membuat rumah akan tampak lebih segar dan menenangkan.

Nah, di sini Kamu bisa membuat taman yang kecil dengan taman yang simple. Hanya dengan penataan yang tepat, maka siapa saja yang masuk akan merasa bahagia saat melewati taman ini.

6. Taman Vertikal

Selain taman rambat, Kamu juga bisa menggunakan desain taman minimalis di lahan sempit dengan menggunakan taman vertikal.

Yang perlu Kamu lakukan adalah meletakkan pot di dinding-dinding rumah. jika Kamu menginginkan taman yang lebih rapi, maka buatlah media taman untuk menempatkan pot agar tampilannya lebih indah dan rapi.

7. Taman yang Berasal Barisan Tanaman

Jika Kamu memiliki lahan panjang namun sempit, Kamu bisa memanfaatkan taman barisan ini. lahan yang panjang dan sempit ini bisa Kamu tanami tanaman dengan jarak yang berdekatan.

Fungsinya adalah agar dapat memberikan nuansa hijau pada taman. Jadi, meskipun taman ini sempit, namun tetap sedap untuk dipandang mata.

8. Taman Merah di Tengah Hijau

Apa yang dimaksud dengan taman merah di tengah hijau? Jadi, ini adalah sebuah taman yang menarik dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

Pada taman ini, Kamu bisa menanam sekelompok tanaman yang berwarna merah di tengah-tengah lahan. Selanjutnya, tanamlah tanaman hijau mengelilingi tanaman merah.

Saat tanaman ini sudah tumbuh subur, maka tampilannya akan terlihat sangat indah. Yang perlu Kamu lakukan hanya merawatnya agar area yang merah tidak memasuki area hijau dan sebaliknya.

9. Taman Tinggi Rendah

Taman minimalis selanjutnya yang bisa Kamu pilih adalah taman tinggi rendah. Pada taman ini Kamu bisa menanam tanaman dengan tanaman yang memiliki ketinggian yang berbeda.

Tanaman yang tinggi dan rendah ini ditanam dan ditata secara bergerombol. Nah, tanaman ini akan menghiasi lahan taman yang sempit namun tetap terlihat eksotis.

10. Taman Gaya Lawas

Kamu memiliki beberapa furniture tua di rumah? jika iya, manfaatkan furniture tua ini untuk menciptakan sebuah taman lawas yang penuh dengan nilai estetika.

Dalam menerapkan taman ini, Kamu tidak membutuhkan lahan yang luas serta tidak membutuhkan pula tren taman masa kini.

Jadi, di taman ini Kamu bebas untuk mengekspresikan imajinasi dan kreativitas dalam sebuah taman yang bergaya klasik.

11. Taman Bunga Dekat Dinding

Sebuah dinding yang kosong akan membuat tampilan rumah terlihat sangat sepi. Oleh sebab itu, Kamu bisa berikan sentuhan sebuah taman dekat dinding yang indah. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menanam sekelompok bunga di sepanjang dinding. Dengan demikian, tampilan taman akan terlihat lebih hidup.

12. Taman di Sudut Halaman

Desain taman minimalis di lahan sempit selanjutnya adalah taman di sudut halaman. Sudut halaman yang Kamu miliki bisa disulap menjadi sebuah taman kecil yang cantik.

Dengan menata tanaman pada lajur yang berbeda sesuai dengan jenisnya akan membuat sudut halaman terlihat lebih berwarna.

Taman ini juga sangat indah dinikmati, terlebih jika lahan yang Kamu miliki sempit dan tidak memungkinkan membuat taman yang besar.

13. Taman Dengan Sentuhan Pribadi

Membuat taman yang mewakili diri Kamu sendiri akan membuat taman terlihat lebih menarik. Nah, di taman ini Kamu bisa memberikan sentuhan seperti tanda tangan atau pernak pernik lain seperti patung.

Intinya taman ini harus mewakili ciri khas dari pemiliknya. Jadi saat seseorang melihat taman ini, maka ia akan langsung tahu siapa pemiliknya.

Jenis taman ini juga sangat cocok diletakkan di lahan yang sempit. Sebab taman ini tidak membutuhkan banyak tempat untuk pengaplikasiannya.

Dari sekian banyak desain taman minimalis di lahan sempit di atas, manakah yang akan Kamu gunakan?

Kamu bisa gunakan salah satu diantara sekian banyak taman di atas dan tentunya disesuaikan dengan lahan yang dimiliki.

Dengan menggunakan desain taman ini, kini Kamu bisa wujudkan sebuah taman yang indah meskipun minim lahan. Yuk, ubah halaman rumahmu yang sempit menjadi taman minimalis yang enak dipandang.

0 Shares

Leave a Comment