Desain Taman Minimalis yang Indah Tanpa Banyak Memakan Lahan

Kata siapa rumah yang kecil tidak bisa punya taman. Kini Kamu bisa memiliki taman yang cantik dan indah tanpa harus memperdulikan rumahmu kecil atau besar.

Lantas, bagaimana cara untuk memiliki taman yang indah di rumah yang kecil. Caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu membuat taman dengan menggunakan desain taman minimalis.

Desain taman ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin memiliki taman tanpa harus memiliki lahan yang luas.

Meskipun kecil, namun taman ini juga tetap terlihat cantik dan mengandung nilai estetika yang tinggi. jadi tenang saja, taman ini tidak akan membuat halaman rumah Kamu penuh dan sesak.

Hal ini tentunya akan terwujud jika Kamu melakukan penataan dan menggunakan desain yang tepat.

hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sudah tidak sabar untuk memiliki taman yang cantik dan minimalis? Sebelum masuk ke daunnya, ada beberapa pertimbangan yang harus Kamu tahu sebelum membangun sebuah taman.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

  • Pilih Tanaman Jangka Panjang

Sebelum membuat sebuah taman, Kamu harus mempertimbangkan jenis tanaman apa yang harus ditanam.

Dalam hal ini Kamu harus memilih tanaman jangka panjang, maksudnya adalah tanaman yang tidak mudah mati serta tidak membutuhkan perawatan yang khusus.

Tidak hanya berjangka panjang, Kamu juga harus memperhitungkan trend tanaman tersebut.

Salah satu tanaman yang bisa Kamu gunakan adalah kaktus batang, bugenvil, drasena deko, palem puteri dan masih banyak lainnya.

  • Memperhatikan Ukuran Lahan

Di sini Kamu akan membuat sebuah taman yang minimalis, meskipun minimalis namun Kamu juga harus memperhatikan ukuran lahannya.

Tentu saja Kamu tidak hanya akan membuat taman saja, melainkan juga furnitur lain yang akan melengkapi keindahan taman ini.

Karena taman yang Kamu miliki ini tidak luas, maka gunakan saja kursi santai yang berfungsi untuk tempat bersantai sembari menikmati keindahan taman.

  • Meletakkan Batu Alam di Garis Jatuh Atap

Dalam membuat taman, Kamu juga harus memasang batu alam di garis jatuh atap.

Fungsi dari batu alam ini ada dua yang pertama sebagai keindahan dan yang kedua untuk melindungi tanaman agar tidak rusak terkena air hujan.

  • Menggunakan Batu Pijakan yang Berwarna Gelap

Agar penampakan taman menjadi lebih keren dan cantik, Kamu bisa tambahkan batu pijakan yang berwarna gelap.

Mengapa memilih warna yang gelap, hal ini berfungsi agar batu tersebut tidak mudah terlihat kotor meskipun terkena kotoran.

..

Setelah Kamu memperhatikan hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam membuat taman. Kini saatnya Kamu menentukan desain taman minimalis apa saja yang akan digunakan.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak desainnya di bawah ini.

1. Taman Depan Rumah

Siapa yang tidak suka melihat rumah dengan taman di depannya. Nah, taman depan rumah ini bisa dijadikan sebagai taman minimalis yang menarik dan indah.

Dalam taman ini Kamu harus memperhatikan komposisi dan proporsinya dengan baik.

Hal ini bertujuan agar tata letak taman Kamu sempurna dan sesuai. Jadi meskipun merupakan taman yang minimalis, namun siapa saja yang melihatnya akan merasa betah.

2. Taman Sederhana

Taman sederhana ini sangat cocok untuk Kamu yang memiliki lahan yang tidak cukup luas namun ingin dijadikan taman.

Yang harus Kamu lakukan adalah membuat taman dengan ditanam rumput hijau dan beberapa tanaman yang unik dan menarik.

Jangan lupa untuk berikan kursi bersantai agar Kamu tetap bisa menikmati taman kapanpun.

3. Taman Indoor

Tidak suka dengan taman di depan rumah, maka Kamu bisa membuat taman indoor yang bisa dinikmati kapan saja.

Adanya taman indoor juga akan membuat suasana rumah menjadi terlihat sejuk dan asri. Selain itu, taman ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas.

Hanya saja Kamu harus memperhatikan asupan sinar matahari yang cukup bagi semua tanaman agar mereka tetap bisa tumbuh sehat dan hijau.

Jika Kamu khawatir dengan atap yang berlubang, maka buat saja atap transparan untuk memasok sinar matahari.

Selain itu, Kamu juga harus memperhatikan jenis tanaman yang akarnya tidak merusak pondasi. Dengan demikian taman ini tidak hanya cantik namun juga aman.

4. Taman Belakang Rumah

Selain taman di depan rumah, Kamu juga menciptakan sebuah taman belakang rumah yang tak kalah cantik dan nyaman.

Taman ini bisa dijadikan sebagai taman bermain untuk anak. Kamu bisa membuat ayunan di taman ini dan berikan tempat duduk sederhana sebagai tempat untuk bersantai.

5. Mengoptimalkan Lahan yang Sempit

Nah, bagi Kamu yang memiliki lahan sempit namun tetap ingin memiliki taman. Kamu bisa gunakan desain taman minimalis ini. taman ini bisa Kamu miliki meskipun lahan yang Kamu miliki hanya memiliki lebar 1 meter saja.

Bentuk dari taman ini adalah linear dan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama digunakan untuk bercocok tanam, sedangkan bagian kedua dijadikan untuk sirkulasi manusia.

Dijamin deh meskipun sempit namun taman ini tetap terlihat indah.

6. Box Garden

Box garden juga bisa dijadikan solusi taman minimalis di rumah Kamu. Di taman ini, Kamu tetap bisa menanam berbagai jenis tanaman yang berbeda dengan tetap memperhatikan nilai estetikanya.

Adapun langkahnya adalah Kamu perlu membuat kota-kotak tanaman terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah itu, sisi kotak tersebut dengan tanah dan tanaman yang akan ditanam. Box garden menjadi solusi untuk Kamu yang memiliki lahan kecil namun ingin memiliki taman yang indah.

Yang lebih menariknya lagi, taman ini juga bisa diletakkan dimanapun.

7. Taman Vertikal

Desain taman minimalis yang satu ini sangat cocok diterapkan bagi Kamu yang tidak memiliki lahan untuk dijadikan taman.

Nah untuk memiliki taman yang indah, Kamu bisa memanfaatkan tembok rumah menjadi sebuah taman dengan ditanami tanaman merambat.

Tidak hanya tanaman merambat, namun Kamu juga bisa menanam tanaman kecil dalam pot dan tempelkan pot tersebut di dinding.

Lihat hasilnya deh, rumah akan terlihat sangat asri meskipun Kamu hanya memiliki taman minimalis di dinding.

8. Rooftop Garden

Punya ruang atap yang tak terpakai? Dari pada sia-sia, lebih baik gunakan atap tersebut menjadi sebuah taman minimalis yang indah. Fungsi dari taman ini juga bisa berguna untuk membuat rumah dingin lho.

Dengan memiliki taman rooftoop, Kamu bisa menjadikan atap sebagai tempat bersantai dan menikmati udara yang segar.

Taman ini juga tidak mustahil jika dijadikan sebagai rumah keluarga kedua. Syaratnya adalah Kamu bisa menambahkan furnitur seperti kursi sebagai tempat untuk berkumpul.

Bukankah desain-desain taman minimalis di atas sangat unik dan patut di coba. Kini tidak ada lagi alasan untuk tidak memiliki taman yang indah.

Dengan desain minimalis yang tepat Kamu tetap bisa memiliki taman yang indah, cantik dan tentunya nyaman untuk dilihat. Tunggu apa lagi, ubah sisa lahan di rumahmu dan jadikan ia menjadi taman yang cantik.

0 Shares

Leave a Comment