12 Desain Dapur Minimalis Nyaman dan Indah di Dapur yang Sempit

Bagi seorang ibu, dapur menjadi tempat yang paling penting. Di dapur ibu bisa melakukan berbagai eksperimen untuk membuat berbagai kreasi yang diinginkan.

Nah, karena dapur ini penting, tentunya Kamu membutuhkan dapur yang nyaman.

Sehingga, saat melakukan berbagai kreasi makanan, Kamu bisa happy dan menciptakan makanan yang diinginkan.

Namun, bagaimana jika dapur yang dimiliki sempit? Apakah impian untuk memiliki dapur yang nyaman dan indah itu mustahil?

Dengan menggunakan desain dapur minimalis Kamu tetap bisa memiliki dapur yang indah dan nyaman meskipun sempit.

Lantas, apa saja tips desain dapur minimalis ini? Bagi Kamu yang sudah tidak sabar, berikut ini desain selengkapnya yang bisa dicoba.

1. Desain Dapur Kecil yang Berbentuk U

Desain pertama yang bisa Kamu gunakan untuk miliki dapur yang cantik di tempat yang sempit adalah dengan menggunakan desain berbentuk U ini.

Dengan dapur yang berbentuk U, Kamu bebas bergerak leluasa saat memasak meskipun dapurnya sempit.

Kelebihan dapur ini juga Kamu tidak perlu berjalan terlalu jauh saat ingin memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Misalnya saja saat ingin meletakkan wajan kotor, Kamu hanya perlu balik badan dan wajan akan sampai di area untuk mencuci. Bagaimana? Bukankah sangat minimalis dan efisien?

2. Desain Dapur Dengan Jendela

Meskipun dapur yang Kamu miliki kecil, namun tidak ada salahnya jika diberi jendela. Fungsi jendela ini digunakan sebagai sirkulasi udara dan tempat masuknya cahaya matahari alami.

Selain itu, hadirnya jendela dalam dapur juga bisa membuat dapur terlihat lebih luas. Mengapa? Sebab dapur yang sempit terlihat lebih terang karena hadirnya jendela.

Sebagai bonusnya, Kamu bisa menghemat pengeluaran listrik di siang hari karena dapur sudah terang dengan otomatis. Tidak hanya itu, rumah juga tidak bau pengap masakan karena bau akan langsung keluar melalui jendela.

3. Desain Dapur Minimalis Sederhana

Desain dapur ini sangat cocok untuk Kamu yang memiliki rumah minimalis. Desain ini juga bisa Kamu terapkan dengan menggunakan perabotan sederhana dan secukupnya sesuai dengan model kabinet sederhana.

Dengan furnitur yang secukupnya, tentunya akan membuat desain dapur ini terlihat lebih lega dan luas.

4. Desain Dapur Kecil Tersembunyi

Karena ruangan yang sempit, tidak heran jika banyak orang yang menggabungkan dapur dengan ruang makan.

Jika Kamu merasa risih saat melihat dapur menyatu dengan ruang makan, maka Kamu bisa gunakan trik dengan meletakkan dapur di area yang tersembunyi.

Kamu bisa gunakan tirai yang cerah untuk membatasi dapur dengan ruang makan. Saat Kamu akan memasak, Kamu bisa membuka tirai.

Sedangkan saat akan makan, Kamu bisa menutup kembali tirai untuk mendapatkan suasana yang nyaman saat makan.

5. Desain Dapur Kecil Dengan Cermin Sebagai Backflash

Menambahkan interior cermin pada dapur yang kecil merupakan solusi yang tepat untuk memberikan kesan dapur yang luas. Sebab, adanya cermin ini akan memantulkan bayangan ruangan yang ada di sekitar.

Selain itu, pilihlah material cermin yang mudah dibersihkan dari kotoran dan minyak. Dengan demikian, saat masakan menciprat ke cermin, Kamu bisa menjaga kebersihannya secara sempurna.

6. Desain Dapur Kecil Dengan Memanfaatkan Interior Tersembunyi

Karena dapur yang Kamu miliki ini kecil, oleh sebab itu Kamu juga harus memperhitungkan furnitur apa yang akan digunakan.

Jika terlalu banyak furnitur yang digunakan, tentunya furnitur ini hanya akan memenuhi area dapur saja.

solusinya adalah Kamu mencari furniture yang bisa disembunyikan jika tidak digunakan. Sebagai solusinya, Kamu bisa memilih meja tarik.

Jadi, tarik meja saat digunakan dan masukkan kembali meja jika sudah tidak digunakan. Dengan demikian, dapur yang kecil tetap terlihat lapang.

7. Gunakan Rak Terbuka dan Singkirkan Kabinet

Desain dapur minimalis yang bisa Kamu coba berikutnya adalah dengan tidak menggunakan kabinet dapur. Mengapa? Sebab hadirnya kabinet dapur hanya akan membuat dapur semakin sempit dan penuh.

Sebagai solusi, Kamu bisa memasang rak dinding terbuka di permukaan dinding untuk meletakkan furnitur.

Selain lebih simple, rak dinding ini juga akan membuat Kamu lebih mudah dalam mencari benda yang diperlukan.

8. Gunakan Rak Piring Anti Basah

Usai mencuci piring, biasanya Kamu akan meletakkan iring dalam sebuah wadah guna mengeringkan piring.

Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, maka yang ada adalah banyak ruangan yang tersita untuk meletakkan piring.

Sebagai solusinya, Kamu bisa menggunakan rak piring anti basah. Jadi, setelah selesai mencuci, Kamu bisa langsung meletakkan rak piring tersebut dan secara otomatis air akan langsung mengalir.

Dengan demikian, Kamu bisa lebih hemat tempat dan tenaga di dapur yang kecil ini.

9. Memanfaatkan Setiap Sudut Dapur Semaksimal Mungkin

Agar dapur yang kecil dan minimalis yang Kamu miliki ini tetap nyaman. Maka yang harus dilakukan adalah dengan memanfaatkan setiap sudut dapur secara maksimal. Jangan biarkan ada satu sudut dapur yang tidak digunakan.

Jika memungkinkan, Kamu bisa pasang kabinet di atas dapur sebagai area untuk meletakkan peralatan memasak yang berukuran kecil. Manfaatkan dapurmu secara maksimal dan tetap jaga kerapiannya agar tetap terlihat indah.

10. Desain Dapur Kecil yang Terang

Desain dapur minimalis terang ini bisa Kamu jadikan solusi agar dapur tidak terlihat sumpeg dan penuh. Yang harus Kamu lakukan dengan dapur kecil milikmu adalah dengan membuatnya seterang mungkin.

Jika dapur yang Kamu miliki tidak mempunyai jendela, maka yang harus Kamu lakukan adalah dengan memasang lampu secukupnya sebagai pencahayaan.

Selain itu, Kamu juga harus memilih furniture dengan warna terang dan gunakan backflash sebagai pemantul cahaya.

Dengan demikian, dapur kecil yang Kamu punya akan disulap menjadi sebuah dapur cantik yang terlihat lapang dan nyaman.

11. Desain Dapur Dengan Gantungan Peralatan Masak

Desain dapur ini hampir mirip dengan rak terbuka, hanya saja Kamu menggunakan area gantung. Nah, adanya area gantung akan membuat dapur lebih lega.

Area gantung di sini bisa digunakan untuk menggantung wajan, sendok masak, atau panci. Teknik ini tentunya lebih efisien jika Kamu harus menyimpannya di lemari.

Apalagi jika dapur yang Kamu miliki sempit, maka menambahkan lemari hanya akan membuat dapur terlihat semakin penuh.

Selain itu, karena metodenya dengan cara digantung, maka saat Kamu membutuhkannya dengan mudah Kamu bisa menemukannya.

12. Desain Dapur Multifungsi

Dapur multifungsi ini sangat bermanfaat bagi Kamu yang memiliki dapur sempit namun hobi memasak. Nah, saat memasak, biasanya Kamu akan mencucinya terlebih dahulu sebelum memotongnya.

Di sini Kamu harus menggunakan talenan untuk memotong. Namun dengan menggunakan tempat cuci sekaligus talenan, Kamu tidak perlu talenan lagi untuk memotong sesuatu.

Hanya dengan menggeser talenan saat ingin digunakan dan menggesernya kembali saat ingin mencuci semuanya beres.

Lumayan kan desain ini bisa membantu Kamu dalam urusan potong memotong tanpa harus bolak balik mengambil talenan.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan desain dapur minimalis di atas? Kini Kamu bisa wujudkan dapur kecil yang indah dan rapi dengan menggunakan desain ini.

So, tunggu apalagi ubah dapur kesayanganmu senyaman mungkin sekarang juga.

0 Shares

Leave a Comment